METODE PELAKSANAAN BORE PILE

METODE PELAKSANAAN BORE PILE

Untuk memahami bagaimana cara kerja Hadi Jaya Bore Land dalam pekerjaan Bore Pile, maka dibuatlah metode pelaksanaan yang dapat dipahami oleh pihak terkait. Metode Pelaksanaan adalah metode yang dibuat secara teknis yang menggambarkan penguasaan penyelesaian pekerjaan yang sistematis dari awal sampai akhir yang meliputi tahapan/urutan pekerjaan utama dan uraian cara kerja dari masing-masing jenis kegiatan pekerjaan utama yang dapat dipertanggung jawabkan secara teknis, serta bagaimana tahapan dalam metode pelaksanaan pekerjaan harus relevan antara metode pelaksanaan pekerjaan dengan jadwal/jangka waktu pelaksanaan pekerjaan dan analisa teknis satuan pekerjaan.

Dalam menyusun metode pelaksanaan pekerjaan untuk proyek konstruksi sebaiknya sesuai dengan persyaratan dalam dokumen dimana Metode pelaksanaan pekerjaan yang dibuat harus memenuhi persyaratan substantif yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan dan menggambarkan penguasaan dalam penyelesaian pekerjaan seperti disebutkan diatas diantaranya :

  1. Tahapan/urutan pekerjaan dari awal sampai akhir secara garis besar dan uraian/carakerja dari masing-masing jenis pekerjaan utama;
  2. Kesesuaian antara metode kerja dengan peralatan utama yang di tawarkan/diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan;
  3. Kesesuaian antara metode kerja dengan spesifikasi / volume pekerjaan yang disyaratkan.

 

Berikut adalah Metode Pelaksanaan Bore Pile PT. HADI JAYA BORE LAND :

  1. MobilisasiAlat /Mesin

Pengangkutan Alat dari workshop menuju lokasi pengeboran

  1. Erection Alat

Setting Alat atau mesin kemudian mesin di ujicoba

  1. Pembuatan bak sirkulasi /bak Spul

Penggalian tanah untuk menampung air Sirkulasi untuk proses pengeboran wash boring

  1. Pengadaan bentonit

Bahan Untuk proses pengeboran

  1. Pengeboran :
  • Pengeboran dengan sistem dry drilling : tanah dibor dengan menggunakan matabor spiral. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai kedalaman yang ditentukan.
  • Pengeboran dengan sistem wash boring : tanah dikikis dengan menggunakan matabor cross bit.
  • Cross bit digunakan pada pengeboran dengan sistem wash boring, disini air berfungsi sebagai media pengangkut / pendorong tanah hasil pengeboran.

Setelah mencapai kedalaman rencana, pengeboran dihentikan, sementara matabor dibiarkan berputar tetapi beban penekanan dihentikan dan air sirkulasi tetap berlangsung terus sampai cutting atau serpihan tanah betul-betul terangkat seluruhnya. Selama pembersihan ini berlangsung, baja tulangan dan pipa tremi sudah disiapkan di dekat lubang bor.

Setelah cukup bersih, stangbor diangkat dari lubang bor. Dengan bersihnya lubang bor diharapkan hasil pengecoran akan baik hasilnya.

  1. Pemasangan kerangka besi Tulangan dan Pipa Tremie.
  • Kerangka besi tulangan yang telah dirakit, diangkat dengan bantuan diesel winch dalam posisi tegak lurus terhadap lubang bor dan diturunkan dengan hati-hati agar tidak terjadi banyak singgungan dengan lubang bor.
  • Besi tulangan yang telah dimasukan dalam lubang bor ditahan dengan potongan tulangan melintang lubang bor. ¬†Apabila kebutuhan baja tulangan lebih dari 12 meter bisa dilakukan penyambungan.
  • Setelah rangka besi tulangan terpasang, pipa tremi disambung dan dimasukkan kedalam lubang dengan panjang sesuai kedalaman lubang bor.
  • Apabila pada waktu pemasangan baja tulangan terjadi singgungan dan terjadi keruntuhan di dalam lubang bor, maka diperlukan pembersihan ulang. Dengan memompakan air kedalam stang bor dan pipa tremi, maka runtuhan-runtuhan dan tanah yang menempel pada besi tulangan dapat dibersihkan kembali.
  • Pada saat pembersihan dilakukan, pengadukan beton bisa mulai dilakukan.
  1. PekerjaanPengecoran :

Setelah pembersihan lubang bagian akhir selesai, maka corong cor disambung dengan pipa tremi.

Pengecoran awal :

Pengecoran adalah bagian akhir dari pekerjaan bore pile dimana langkah pengecoran awal adalah bagian terpenting dari pekerjaan ini.

Prosedur pengecoran yang biasa dilaksanakan pada pekerjaan bore pile adalah sebagai berikut :

Untuk memisahkan adukan beton dari lumpur bor pada pengecoran awal, digunakan kantong plastik yang telah diisi adukan beton dan diikat dengan kawat beton yang digantung di bagian dalam lubang tremi.

  1. Setelah tenaga cor siap, beton ditampung di dalam corong cor dan ditahan oleh bola-bola beton pada kantong plastik. Setelahcukup penuh, bola kantong plastic dilepas sehingga terdorong beton yang ada di dalam lubang tremi. Selanjutnya penuangan beton dilakukan dengan cepat sehingga cukup untuk mendorong air lumpur bor yang ada di dalam lubang tremi. Slump adukan beton untuk bore pile tidak boleh terlalu rendah (minimal 16 cm) sehingga mudah mengalir dan mendorong lumpur yang ada di dalam lubang bor.
  2. Pengecoran selanjutnya dilakukan secara continue dan tidak terputus lebih dari 10 menit. Dengan system tremi ini pengecoran dimulai dari dasar lubang dengan mendorong air / lumpur dari bawah keluar lubang.
  3. Setelah pipa tremi penuh dan ujung pipa tremie tertanam beton biasanya beton tidak dapat mengalir karena ada tekanan dari bawah. Untuk memperlancar adukan beton didalam pipa tremi, dilakukan hentakan-hentakan pada pipa tremi. Pipa tremi harus selalu terbenam dalam adukan beton dan pengisian di dalam corong harus dijaga terus menerus agar corong tidak kosong.
  4. Pipa tremi dilepas setiap 2 meter dan dilakukan setelah pipa tremi naik kepermukaan lubang lebih dari 2 meter.
  5. Pengecoran dihentikan setelah adukan beton yang naik kepermukaan telah bersih dari lumpur. Bila pengecoran dihentikan di bawah permukaan tanah (karena perhitungan adanya galian tanah), maka tinggi pengecoran minimal harus 0,5 meter di atas level rencana bagian atas bore pile (sampai beton pada rencana bagian atas tidak tercampur lumpur lagi).
  6. Pembersihan dan pemasangan kembali.
  7. Setelah pekerjaan pengecoran selesai, semua peralatan dibersihkan dari sisa beton dan lumpur dan disiapkan kembali untuk dipakai pada titik bor berikutnya.

 

Temukan jasa Bore Pile dan Pengeboran Sumur (Deep Well) hanya disini. Contact kami sekarang!

Website www.hadijayaboreland.com

Whatsapp 0821-4177-0073

Office PT. Hadi Jaya Bore Land : Jalan Ketintang Madya Cempaka, Ruko Ketintang Residence no.3, Karah, Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *